Joko Sriyanto berkolaborasi dengan tim peneliti dari University of Malaya

Sikap dan kemauan guru untuk menerima peserta didik yang memiliki disabilitas adalah suatu hal yang penting untuk memastikan kesuksesan pendidikan untuk peserta didik yang berkebutuhan khusus.Sikap dan kemauan guru, bersama sama dengan pengetahuan serta keterampilan mengajar, dipercaya menjadi suatu hal yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus.

Diperlukan suatu informasi yang dapat memberikan gambaran yang jelas tentang hal sikap dan kemauan guru dalam menerima murid berkebutuhan khusus sehingga mampu menjadi materi dalam peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus. Saat ini, di Indonesia, bahkan Sekolah Menengah Kejuruan diharuskan menerima peserta didik berkebutuhan khusus sehingga guru mempunyai tantangan yang lebih tinggi. Hal ini mendorong Joko Sriyanto, salah seorang dosen D3 Teknik Otomotif FT UNY, untuk berkolaborasi dengan tim peneliti dari University of Malaya yang diketuai oleh Dr. Siaw Yun Li untuk melaksanakan studi di dua negara, Indonesia dan Malaysia.

Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2020 dan menggunakan dana sharing dari masing-masing perguruan tinggi. Penelitian di Malaysia akan dilaksanakan dibeberapa sekolah yang dipilih secara acak di lima wilayah, Malaysia bagian utara, barat, tengah, timur dan selatan. Sedangakan tempat penelitian di Indonesia adalah beberapa SMK yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Rencana luaran yang akan dihasilkan dari penelitian ini adalah publikasi artikel di jurnal internasional dan artikel dalam prosiding di Seminar Internasional. Kolaborasi penelitian antara dua Universitas dari dua negara ini merupakan bentuk nyata kerjasama kegiatan akademik antara dua Universitas yang sudah dilaksanakan selama beberapa tahun.(Sekjur)

Label Berita: